Perombakan Kabinet Saudi serta Dampak Panjang Pembunuhan Khashoggi

Perombakan Kabinet Saudi serta Dampak Panjang Pembunuhan Khashoggi

Perombakan Kabinet Saudi serta Dampak Panjang Pembunuhan Khashoggi
Perombakan Kabinet Saudi serta Dampak Panjang Pembunuhan Khashoggi

Kabinet Saudi Masalah pembunuhan wartawan Arab Saudi, Jamal Khashoggi, menodai citra Kerajaan Saudi di mata dunia. Raja Saudi Salman Salman bin Abdulaziz al-Saud juga memerintah perombakan pemerintahan.

AFP serta CNN memberikan laporan, Jumat (28/12/2018), Menteri Luar Negeri jadi salah satunya tempat yang dirombak. Bila awal mulanya jabatan Menlu Saudi di isi Adel al-Jubeir, sekarang di isi Ibrahim al-Assaf. Ibrahim adalah bekas Menteri Keuangan yang 4 bulan lantas sudah sempat ditahan dalam penggerebekan antikorupsi yang dicetuskan MBS.

Sedang Al-Jubeir yang membela pemerintahan Saudi dalam ketegangan pembunuhan Khashoggi, di turunkan jabatannya jadi Menteri Negara untuk Masalah Luar Negeri. Tidak dimaksud selanjutnya fakta penurunan jabatan itu.

Tidak hanya tempat Menlu, Raja Salman ikut memerintah pergantian Kepala Garda Nasional Saudi. Pangeran Abdullah bin Bandar yang bekas Dubes Saudi untuk AS ditunjuk Raja Salman menjadi Kepala Garda Nasional Saudi yang baru.

Penasihat keamanan nasional ikut di isi oleh orang baru, yaitu diantaranya oleh Musaed al-Aiban yang disebut lulusan Harvard University.

Perombakan ini tidak menyentuh otoritas-otoritas yang di pimpin langsung Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS), yang pemimpin de-facto Saudi. Termasuk juga salah satunya Menteri Daya serta Keuangan walau ekonomi Saudi dalam penurunan.

Tersebut pejabat-pejabat baru di Kabinet Saudi salah satunya:

1. Kepala Garda Nasional Pangeran Abdullah bin Bandar
2. Menteri Luar Negeri Ibrahim al-Assaf
3. Menteri Negara untuk Masalah Luar Negeri Adel al-Jubeir
4. Penasihat Keamanan Nasional Musaed al-Aiban
5. Menteri Info Turki al-Shabanah
6. Penasihat Kerajaan Awwad al-Awwad
7. Kepala Otoritas Hiburan Turki al-Sheikh
8. Kepala Otoritas Pariwisata Ahmed al-Khatib

Tidak cuma itu, Raja Salman ikut memerintah pembentukan satu Tubuh Luar Angkasa Nasional yang akan di pimpin oleh salah satunya putranya, Pangeran Sultan bin Salman, yang bekas astronot.

Perombakan-perombakan ini dikerjakan waktu Saudi tengah berusaha melakukan perbaikan citra yang ternoda karena masalah pembunuhan Khashoggi. “Anda tidak dapat melepas keterikatan Khashoggi dalam semua perubahan, walau perombakan pemerintahan biasa berlangsung tiap-tiap empat tahun,” ucap periset senior pada Gulf Research Centre, Mohammed Alyahya.

“Perombakan menyertakan penunjukan beberapa pangeran muda, tetapi ikut negarawan veteran pada beberapa jabatan. Ada usaha menyamakan reformasi yang berjalan cepat dengan menguatkan mekanisme serta institusi pemerintahan,” paparnya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *