Peliharaan Warga Macan Kumbang Mati Ditembak di Soreang

Peliharaan Warga Macan Kumbang Mati Ditembak di Soreang

Peliharaan Warga Macan Kumbang Mati Ditembak di Soreang
Peliharaan Warga Macan Kumbang Mati Ditembak di Soreang

Macan kumbang yang mati ditembak masyarakat di Soreang Bandung disangka peliharaan masyarakat yang dilepaskan. Macan itu ditembak memakai senapan angin oleh masyarakat waktu berkeliaran di Kampung Pangguyangan, Desa Buninagara, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dua minggu kemarin.

“Baru ketahuan, dua minggu lantas (peristiwanya),” kata Sisi Gugus Pekerjaan Evakuasi Penyelamatan Tumbuhan serta Hewan Liar BBKSDA Jawa barat Toni Setiana lewat telephone.

Dia mengutarakan, macan kumbang itu sempat dijaga masyarakat yang tinggal di desa samping. “Info dari Ketua RW ditempat tuturnya ada tetangga desa mendapatkan macan anaknya, lantas dijaga. Telah cukup besar nyatanya bukan kucing rimba, tetapi macan,” katanya.

“Dilepasain (macannya), tidak lama dari itu peristiwa (penembakan),” Toni memberikan.

Pendapat ke arah ke sana sebab lokasi itu bukan habitat macan kumbang. Menurut dia, tempat habitat macan kumbang itu berada di Gunung Tilu Pangalengan yang tempatnya jauh dengan Soreang.

“Jauh tempatnya (habitat),” katanya.

Sesudah dikerjakan penembakan oleh masyarakat sebab menggelisahkan, bangkai macan itu langsung dikubur. Toni menjelaskan bangkai macan itu akan digali kembali serta dibawa untuk keperluan riset.

“Akan dinekropsi untuk di teliti,” kata Toni.

Pihaknya kembali memperingatkan supaya masyarakat yang temukan hewan liar berkeliaran di kampungnya untuk memberikan laporan ke petugas BBKSDA serta pemerintahan ditempat. “Pelihara atau berburu janganlah. Lebih baik laporkan ke BBKSDA, kami imbau jika temukan satwa dilindungi laporkan buat kami evakuasi, janganlah dijaga biarlah mereka hidup di alam,” papar Toni.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *