Media Singapura Menganugrahi Sutopo BNPB Dianugerahi The First Responders 2018

Media Singapura Menganugrahi Sutopo BNPB Dianugerahi The First Responders 2018
Media Singapura Menganugrahi Sutopo BNPB Dianugerahi The First Responders 2018

indoliputan6 – Kepala Pusat Data Info serta Humas Tubuh Nasional Penanggulangan Musibah ( BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mendapatkan penghargaan “The First Responders 2018” dari harian terpenting Singapura, The Straits Times. Penghargaan ini dikasihkan pada Kamis (29/11/2018) tempo hari. Sutopo dipandang patut terima penghargaan ini sebab dedikasinya dalam memberitahukan semuanya berkaitan musibah yang berlangsung di Indonesia dengan sigap serta selekasnya.

Dengan spesial, Sutopo memberi info cepat waktu berlangsung gempa serta tsunami di Palu di akhir September kemarin. Tidak cuma info faktual mengenai angka dan lain-lain, akan tetapi berita bohong atau hoax sekitar musibah juga dengan responsif diklarifikasi Sutopo supaya tidak menggelisahkan penduduk. Info yang dia mengeluarkan banyak jadi referensi baik buat alat nasional serta internasional, ataupun penduduk Indonesia biasanya. Walau sebenarnya, Sutopo lakukan itu di dalam kondisinya yang tengah berusaha menantang kanker paru fase lanjut.

First Responders 2018

Lewat account Twitter-nya @Sutopo_PN, pria kelahiran Boyolali ini sering bercerita keadaannya yang perlu menulis launching info musibah sebelum atau sesudah melakukan kemoterapi. Atas penghargaan yang diterimanya, Sutopo mengemukakan perasaan syukurnya. “Alhamdulillah mendapatkan penghargaan The First Responders dari The Straits Times alat terpenting di Singapura. Penghargaan ini untuk semua pimpinan serta staf BNPB yang sudah kerja keras serta mencurahkan jiwa raga mengatasi musibah.

Saya cuma penyambung lidah yang mengkhabarkan pada alat serta penduduk luas,” tutur Sutopo, dalam info tercatat, Kamis (29/11/2018). Diluar itu, Sutopo ikut mengemukakan prinsip yang sampai kini dia pegang hingga dapat masih kerja optimal serta memperoleh banyak animo. “Usaha keras, ikhlas, jujur dan berkarakter kuat, kerja selesai serta tiada kenal capek ialah semangat yang perlu dijunjung tinggi. Janganlah malas serta gampang bimbang. Apapun kerjakan dengan telaten serta tidak mudah menyerah,” katanya.

Diambil dari The Straits Times, tidak hanya Sutopo, ada tiga nama lainnya yang terima penghargaan tahunan ini. Ke-3 penerima penghargaan itu ialah paraglider yang ikut dalam penyelamatan waktu gempa Sulawesi serta anak-anak di goa di Thailand, mendiang Ng Kok Choong; Komandan Angkatan Laut India, Vijay Varma serta P Rajkumar yang menolong waktu banjir bandang di Kerala, India.

Tidak hanya empat figur itu, penghargaan ini pula dikasihkan pada dua tubuh lainnya yang dipandang mempunyai peran sama. Kedua-duanya ialah Mercy Relief Singapura serta sean Coordinating Center for Humanitarian Assistance on Disaster Management (Pusat AHA) Jakarta. Semua pihak yang dimaksud, dipandang mempunyai kegigihan yang sedikit dipunyai oleh orang yang lain biasanya. “Waktu bencana hadir, umumnya manusia lari selamatkan diri, akan tetapi kalian pilih untuk mendatangi musibah serta bertanding nyawa membuat perlindungan yang lainnya,” demikian penggalan kalimat dalam cuplikan penghargaan.

“Menjadi First Responders, keberanian Anda, memprioritaskan kebutuhan orang yang lain, serta perhitungan resiko yang Anda kerjakan banyak kurangi keadaan genting yang ada. Menyesuaikan diri dalam bahaya, Anda sudah merubah beberapa hal jadi satu kebaikan. Asia berutang budi pada kalian, keluarga kalian, serta institusi yang tempat kalian bekerja,” sambungnya. Tiap-tiap tahun, The Straits Times memberi penghargaan ini pada individu atau grup serta institusi yang dipandang berperan dengan berarti pada penduduk serta bangsa.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *