Keterangan Rusia Kirim Tentara serta Peralatan Militer ke Venezuela

Keterangan Rusia Kirim Tentara serta Peralatan Militer ke Venezuela

Keterangan Rusia Kirim Tentara serta Peralatan Militer ke Venezuela
Keterangan Rusia Kirim Tentara serta Peralatan Militer ke Venezuela

 

Rusia bela ketetapannya untuk mengirim personil militer ke Venezuela. Ditekankan Rusia jika langkah seperti itu sama dengan norma-norma hukum yang laku di Venezuela. Langkah Rusia itu memetik peringatan keras dari Amerika Serikat (AS). Didapati jika AS serta Rusia ikut serta pertikaian berkaitan krisis politik di Venezuela, terpenting sesudah akhir minggu lantas pesawat-pesawat militer Rusia yang diadukan membawa 100 tentara serta 35 ton peralatan militer datang di bandara Caracas, Venezuela.

Rusia menyatakan jika ketetapannya mengirim personil militer ke Venezuela itu mempunyai tujuan memberi dukungan rezim Presiden Nicolas Maduro. Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, menuduh AS berusaha ‘merancang kudeta’ di negara produsen minyak itu. Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, mengingatkan jika AS akan tidak ‘berdiam diri waktu Rusia jadi memperburuk ketegangan’.

Peralatan Militer

jubir Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, menuduh AS menyengaja melemparkan ‘retorika agresif’ masalah Venezuela.

“Rusia tengah meningkatkan kerja sama juga dengan Venezuela yang dengan ketat patuhi konstitusi negara itu serta dengan perasaan hormat penuh pada norma-norma hukumnya,” tegas Zakharova.

“Kedatangan beberapa spesialis Rusia di lokasi Venezuela ditata oleh satu persetujuan pada pemerintah Rusia serta Venezuela masalah kerja sama militer serta tehnis yang di tandatangani pada Mei 2001,” paparnya.

Ditambahkan oleh Zakharova jika Rusia selalu ‘mengembangkan kerja sama yang bernilai, sama-sama menguntungkan’ dengan Venezuela. Venezuela yang kaya minyak ini, sekarang ini jatuh ke krisis ekonomi, dirundung hiperinflasi serta kekurangan pangan dan keperluan basic. AS serta sekutu-sekutunya memberi dukungan pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido, yang sudah disadari banyak negara menjadi Presiden interim Venezuela.

Maduro sendiri mendapatkan suport dari Rusia serta China, rival-rival AS yang tawarkan suport politik serta ekonomi.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *