Beberapa Bangunan Candi Tertinggi di Negara Indones yang Jarang Di Ketahui

Beberapa Bangunan Candi Tertinggi di Negara Indonesi yang Jarang Di Ketahui

 Beberapa Bangunan Candi Tertinggi di Negara Indones yang Jarang Di Ketahui
Beberapa Bangunan Candi Tertinggi di Negara Indones yang Jarang Di Ketahui

 

Salah satunya peninggalan peradaban waktu lantas di Indonesia ialah  Bangunan Candi . Terutamanya di Yogyakarta serta Jawa Tengah sekarang ini terdapat beberapa candi-candi yang diketemukan. Beberapa salah satunya bahkan juga jadi ujung tombak pariwisata Indonesia seperti Candi Borobudur, Prambanan, serta Ratu Boko. Candi-candi di Jawa Tengah serta Yogyakarta umumnya ialah peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Bila dataran tinggi adalah salah satunya arah wisata, jadi ada banyak candi yang dibuat pada ketinggian. Di bawah ini ialah 6 dari banyaknya candi paling tinggi yang berada di Indonesia:

1. Kompleks Candi Dieng
Berwisata ke candi jadi salah satunya pilihan saat bertandang ke Dataran Tinggi Dieng yang populer. Di sini ada kompleks candi yang tempati dataran di ketinggian seputar 2.000 mtr. diatas permukaan laut (mdpl). Kompleks candi itu mencakup Candi Arjuna, Candi Bima, serta Candi Gatotkaca yang diprediksikan dibuat di akhir era ke-8 sampai awal era ke-9 yang lalu. Ada juga candi-candi lainnya seperti Candi Srikandi, Candi Sembadra, serta Candi Semar. Penamaan candi-candi itu berdasar pada beberapa tokoh pewayangan dalam cerita Mahabarata.

2. Candi Kethek
Candi yang diprediksikan dibuat seputar era 15-16 masehi ini ada di lereng barat Gunung Lawu. Candi Kethek ini pula adalah salah satunya candi paling tinggi di Indonesia sebab ada di ketinggian kurang-lebih 1.500 mdpl.

Candi yang ada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ini juga letaknya cukuplah tersembunyi. Akses sampai ke tempat candi cuma dapat dikerjakan dengan berjalan sejauh seputar 300 mtr. dari ruang parkir. Bentuk candi Kethek pun unik, yaitu seperti punden berundak serta tiada stupa seperti candi di Jawa Tengah Yang lain.

3. Candi Cetho
Terdapat seputar 300 mtr. dari Candi Kethek, Candi Cetho sekarang jadi salah satunya tujuan wisata andalan Kabupaten Karanganyar. Candi ini tetap ramai didatangi wisatawan saat hari libur. Candi Cetho ada pada ketinggian yang hampir sama juga dengan Candi Kethek. Mereka yang akan ke arah Candi Kethek mesti lewat candi yang diprediksikan dibuat seputar era 15-16 masehi ini

4. Kompleks Candi Gedong Songo
Candi setelah itu ada di lereng Gunung Ungaran, Jawa Tengah. Kompleks Candi Gedong Songo ini ada pada ketinggian seputar 1.200 sampai 1.400 mdpl serta adalah salah satunya tujuan wisata penting Kabupaten Semarang.

Walau dari namanya bermakna ada sembilan bangunan candi, tapi saat ini cuma ada lima bangunan candi, yaitu Candi Gedong I sampai Candi Gedong V. Kompleks candi ini cukuplah luas hingga diperlukan waktu satu jam untuk berjalan kaki menjelajahinya.

5. Candi Sukuh
Terdapat pada ketinggian seputar 1.100 mdpl, Candi Sukuh pun adalah candi yang berada disamping barat Gunung Lawu. Candi ini saat ini pun adalah tujuan wisata andalan Kabupaten Karanganyar.

Walau diprediksikan dibuat pada saat yang sama juga dengan Candi Cetho serta Candi Kethek, letak Candi Sukuh berjarak seputar 11 km. dari ke-2 candi itu bila ditempuh lewat jalan penting. Candi ini memiliki bentuk pun berlainan dari candi-candi yang lain. Memiliki bentuk selintas serupa dengan Kuil Suku Maya di Benua Amerika. Kekhasan arsitektur berikut sebagai nilai sendiri buat Candi Sukuh.

6. Candi Ijo
Candi ke enam ini ialah yang paling tinggi di Yogyakarta sebab berdiri di dalam hamparan bukit dengan ketinggian rata-rata 425 mdpl. Sekarang ini Candi Ijo tengah naik daun sebab menyediakan pemandangan sunset yang demikian indah.

Candi ini hampir tetap dipadati banyak wisatawan pada sore hari yang cerah. Tempat yang bersisihan dengan tujuan favorite yang lain, yaitu Tebing Breksi makin meningkatkan pamor Candi Ijo ini. Berlainan dengan tiga candi awal mulanya, Candi Ijo ini diprediksikan dibuat pada era ke-10 sampai era ke-11 masehi saat waktu Mataram Kuno.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *