Abrasi Rusak Bangunan di Pantai Tempursari Lumajang

Abrasi Rusak Bangunan di Pantai Tempursari Lumajang

Abrasi Rusak Bangunan di Pantai Tempursari Lumajang
Abrasi Rusak Bangunan di Pantai Tempursari Lumajang

Abrasi Pantai Tempursari, Lumajang menyebabkan beberapa bangunan di tempat wisata rusak. Petugas juga menempatkan garis polisi supaya wisatawan tidak mendekatinya. Dalam tiga hari paling akhir ombak di Pantai Selatan Lumajang, terutamanya di Desa Bulurejo Kecamatan Tempursari, Lumajang sampai 4 mtr. yang mengakibatkan abrasi sampai ke bibir pantai. Sedang di tempat ini sekurang-kurangnya ada empat bangunan warung punya masyarakat ditempat.

Menurut info dari BPBD Lumajang, jarak pada warung-warung itu dengan pantai seputar 20 mtr., akan tetapi sebab ombak besar sekali, jadi air laut dalam tiga hari paling akhir telah sampai 4 bangunan warung serta satu musholla.

Pantai Tempursari

“Selama ini ombaknya memang besar. Pada 1 sampai 3 mtr.. Cuma sajak semenjak tanggal 21 tempo hari, ombak sampai ketinggian lebih dari 4 mtr. lebih hingga menggerus tanah di bibir pantai, sedangkankan di atas tanah itu ada tempat usaha berbentuk warung,” kata Kasi Mencegah, Kesiapsiagaan serta Logistik kantor BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswanto saat dihubungi alat ini.

Menurut Wawan, bila ombaknya semakin besar di kuatirkan ombak akan sampai bangunan warung-warung itu. Sebab bila ini berlangsung juga bakal memunculkan rusaknya serta merugikan pemilik usaha itu.

Diterangkan empat warung yang terancam tergerus oleh ombak semasing punya Mujiati, Jumadi, Marji serta watu warung kembali punya masyarakat ditempat.

“Warga begitu mengharap ada perlakuan pada permasalahan ini, kita juga lakukan asesment ke tempat untuk dapat memberi input langkah apakah yang dapat diambil,” kata Wawan Hadi lalu.

Sekarang ini, menurut Wawan, ombak telah kembali normal, akan tetapi tidak tutup peluang ombak akan kembali besar bergantung dengan cuaca yang berada di pesisir selatan Lumajang.

Ombak besar seperti ini seringkali berlangsung di pesisir selatan. Tidak hanya mengakibatkan kerusakan beberapa warung, luapan ombak sering mengakibatkan kerusakan tempat pertanian punya masyarakat yang berada di lokasi selatan, terutamanya Pasirian serta Yosowilangun Lumajang.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *